Viral, Guru di Ghana Ini Rela Ubah Papan Tulis Jadi Layar Komputer



Tak ada rotan, akar pun jadi, mungkin itulah pepatah yang bisa menggambarkan kreativitas yang dimiliki oleh guru yang satu ini. Owura Kwadwo, seorang guru komputer di salah satu sekolah di Ghana, melakukan kreativitas yang sanggup membuat siapa pun yang melihatnya berdecak kagum.

Karena keterbatasan sarana dan prasarana di sekolahnya, khususnya ketersediaan komputer, ia pun berinisiatif ‘mengubah’ papan tulis hitam di kelasnya menjadi layaknya sebuah layar komputer. Dengan bantuan kapur tulis warna-warni, ia melukis dengan sempurna tampilan Microsoft Word di ‘layar komputer’ tersebut. Ia melakukan ini semata-mata untuk membuat siswanya paham apa yang sedang diajarkannya.

1. “Aku menyayangi murid-muridku, jadi aku harus melakukan sesuatu yang bisa membuat mereka mengerti apa yang aku ajarkan.”

Owura Kwadwo mungkin tak akan pernah menyangka bahwa postingan di akun media sosial miliknya akan sebegini viralnya. Di akun Facebooknya, Owura Kwadwo Hottish, Owura membagikan beberapa foto saat ia sedang mengajarkan muridnya tentang Microsoft Word. Terlihat dalam foto yang dibagikannya, ia sedang dengan khidmatnya menggambar tampilan Microsoft Word di papan tulis hitam, hasilnya pun bisa dibilang sangat sempurna, serupa dengan aslinya. Tak lupa ia membubuhkan caption yang begitu menginspirasi dalam postingan foto miliknya.

“Mengajar TIK di sekolah di Ghana sangatlah menyenangkan. Komputer di papan tulis. Aku menyayangi muridku, jadi aku harus melakukan hal yang bisa membuat mereka paham apa yang sedang aku ajarkan.”

2. Ungkapan pujian membanjiri postingan foto di akun media sosial guru kreatif ini.

Usaha maksimal Owura untuk mengajari dan membuat murid-muridnya paham di tengah keterbatasan, membuatnya ‘banjir’ apresiasi dari banyak orang. Hal itu bisa dilihat dari kolom komentar berisikan pujian, pada postingan foto di akun Facebook milik Owura. Tak hanya itu, atas semangat mengajar dan kreativitasnya dalam menyiasati kurangnya sarana dalam mengajar, warganet pun meminta Owura dianugerahi penghargaan. Pada setuju juga, gak?

3. Kurangnya sarana dan prasarana sekolah di Ghana, bukanlah perkara baru.

Dengan viralnya postingan Owura, tentu saja kurangnya sarana mengajar sekolah-sekolah di Ghana menjadi sorotan. Sama halnya dengan beberapa wilayah pelosok di negara kita, perkara kurangnya sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah, utamanya ketersediaan komputer, bukanlah hal yang tak lazim ditemukan di Ghana. Banyak sekolah di wilayah pedesaan atau pelosok Ghana juga mengalami permasalahan yang sama, tidak adanya sarana IT di sekolahnya.

Mahama Maria, seorang kepala sekolah SD di distrik Sagnarigu, wilayah bagian utara Ghana, menyebutkan bahwa satu-satunya laptop yang dimiliki sekolahnya sudah tidak bisa lagi digunakan sejak dua tahun silam. Laptop hasil sumbangan tersebut, biasanya digunakan untuk mengajar sekitar 430 siswa di sana. Ia mengakui bahwa ini merupakan sebuah kendala besar dalam pengajaran komputer di sekolah mereka. Guru komputer ada, namun sarana untuk mengajarnya tidak tersedia.

Semoga saja dengan viralnya hal ini, bisa membuka mata semua pihak untuk lebih peduli dengan dunia pendidikan, gak terbatas hanya di Ghana lho, tapi juga di Indonesia. Sekali lagi, salut deh buat Owura!

Sumber : https://hype.idntimes.com/viral/ghafsari/viral-guru-di-ghana-ini-ubah-papan-tulis-jadi-layar-komputer-c1c2

0 Response to "Viral, Guru di Ghana Ini Rela Ubah Papan Tulis Jadi Layar Komputer"

Posting Komentar

close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==